Social Icons

Pages

Sabtu, 30 Agustus 2014

Perlengkapan Berkemah


Ketika anda hendak berkemah apa saja yang ingin anda bawa??
Saya yakin bagi anda yang jarang berkemah pasti akan memikirkan banyak hal yang akan dibawa, bukannya melarang banyak hal yang dibawa tetapi, demi keefektifitasan ruang tenda hendaknya kita bawa barang yang wajar-wajar saja.

Berikut ini adalah perlengkapan berkemah yang dapat dijadikan referensi buat anda.
Perlengkapan Berkemah
a. Perlengkapan untuk regu :
  1. Tenda, tali, tikar, tongkat, patok, lampu badai, gergajih, linggis.
  2. Tas, obat-obatan, kompas, baterai ( lilin, korek api ).
  3. Perkakas masak, kompor, kayu bakar,  panci, wajan, ember, pisau.

b. Perlengkapan tiap anggota regu :
  1. Pakaiaan seragam Pramuka.
  2. Pakaian pribadi secukupnya, sepatu, perlengkapan mandi, perlengkapan sholat, kaos kaki, jas hujan (payung), selimut (jaket).
  3. Perlengkapan makan, obat pribadi, buku catatan.

Tips dan Trick :
Sedikit bercerita Pembaca.....
Pernah suatu saat saya sedang mengikuti kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar (yang biasa disingkat dengan KMD) di kwaran ... tiba tiba ditengah materi hujan lebat mengguyur sontak saja bagi yang tidak biasa berkemah akan panik terhadap barang bawaannya yang ada ditenda, sebab ada info lapangan tempat kami berkemah sebagian sudah tergenang air.

Pembaca tahu apa yang saya lakukan waktu itu?
Saya Cuma duduk manis dan mendengarkan materi yang masih diajarkan didalam ruangan (karena waktu itu masih jam penyampaian materi).

Kok bisa, yang lain pada panik anda tenang saja, Can???
Karena saya sudah memperhatikan hal-hal yang mungkin kiranya akan terjadi (management trainmen) dalamperkemahan. Salah satunya adalah saya sudah siap dengan kondisi hujan lebat.

Caranya??
Saya membungkus semua barang saya didalam plastik dan bok-bok yang kedap air (berguna juga untuk mengumpulkan barang-barang kecil misal obat pribadi). Jadi. sekalipun tas saya basah kuyup barang-barang saya masih kering, dan itu nyata terjadi. Bahkan saya masih ingat ada yang mengeluh pakaian tinggal satu-satunya malah basah kena hujan.

Begitulah kisah saya. Semoga dari penjelasan diatas bisa membantu pembaca yang mau berkemah....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar